Monday, July 18, 2011

Borobudur Tempo Dulu

borobudurtempodulu
Ada pertanyaan yang mengusik tentang awal mula berdirinya candi Borobudur,yang disebut sebut merupakan Candi Budha Terbesar di Abad ke-9. Tips wisata murah mencari Buku dan referensi online yang mengkaji taman dan warisan budaya borobudur yang berada di 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.dan 105 km di sebelah barat daya Semarang jawa tengah.

Borobudur tempo dulu menurut J.G. de Casparis,( sejarawan dalam disertasinya untuk gelar doktor pada tahun 1950 ) mengatakan, Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan,borobudur mulai dibangun diperkirakan pada tahun 1824 M 1+.
Dan beberapa ahli sejarah menurut sumber yang di gali tips wisata murah melalui artikel borobudur juga menuturkan. Dalam prasasti Kalkutta yang tertulis ‘Amawa’ tersebut dimaknai lautan susu.yang diartikan wedus gembel atau lahar dingin letusan gunung merapi yang menimbun candi Borobudurtersebut. Masih menurut Casparis pendiri Borobudur adalah Samaratungga Raja Mataram dari wangsa Syailendra,dan bangunan candi tersebut diselaikan oleh putri samara tungga yang bernama Ratu Pramudawardhani, tapi sayang dalam catatan tersebut J.G. de Casparis tidak menyebut tahun berapa candi tersebut diselesaikan.

borobudurdepan
Pada tahun 1814, waktu Thomas Stamford Raffles dari belanda yang menguasai jawa. memperintahan Cornelius, seorang pengagum seni dan sejarah, untuk meninjau bukit itu. kemudian Cornelius dengan bantuan ratusan penduduk membersihkan candi yang dikabarkan tertimbun tersebut. Dalam beberapa catatan menyebutkan pemugaran sempat terhenti dan dilanjutkan pada 1825.Pada 1834, dan tahun 1842 stupa candi legendaris itu ditinjau untuk penelitian lebih lanjut.

Ada beda pendapat tahun pembuatan antara keterangan J.G. de Casparis dalam disertasi gelar doktornya dengan kisah babat tanah jawa dan nama borobudur itu sendiri di ketahui dari naskah Negarakertagama karangan Mpu Prapanca yang di perkirakan ditulis pada tahun 1365 Masehi 1+. Tips wisata murah mendapati ada selisih 500 tahun pada berita kontroversi pendapat Casparis tentang Borobudur tempo dulu dengan naskah Negarakertagama karangan Mpu Prapanca di atas 1+. Masih adakah versi berita lain sejarah berdirinya tempat wisata borobudur yang jadi nama hotel tersebut


Topik yang sejenis
  1. borobudur peninggalan nabi suleman
  2. Kisah Candi Prambanan
Salam wisata keluarga

No comments:

Post a Comment