Thursday, January 26, 2012

Pantai Di Jogja Selain Parangtritis

Pantai di jogja sebenarnya tersebar dari barat membujur ketimur. seperti yang kita ketahui parangtritis adalah nama pantai yang sudah sangat terkenal di wilayah Yogyakarta. Tapi tahukah kita, pantai di jogja selain parangtritis sebenarnya masih banyak pantai yang indah dan bisa kita kunjungi. Untuk memandu anda berwisata pantai yang ada di wilayah yogyakarta . situs tips wisata murah berbagi informasi yang barang kali nanti anda butuhkan kalau berkunjung ke jogja



gumuk pasirGumuk pasir Parangtritis merupakan sebuah warisan dunia (world heritage), sebagai bentukan endapan pantai yang mencapai ketinggian 20 mpl. Di dunia hanya ada di 4 negara, salah satunya di Indonesia yaitu di Parangtritis. Selain sebagai laboratorium alam berbagai cabang ilmu kebumian fenomena alam gumuk pasir membentuk ekosistem yang khas.

pantai samasPantai Samas ini dikenal memiliki ombak yang besar dan terdapat delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga. Telaga-telaga tersebut digunakan untuk pengembangan perikanan, penyu, dan udang galah serta berbagai lokasi pemancingan. Disebelah Barat terdapat Pantai Patehan dengan panorama yang indah Lokasi : di Desa Srigading, Kec. Sanden kurang lebih 24 Km dari yogyakarta ke arah Selatan. Atraksi/Event Wisata : Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro, Labuhan Sedekah Laut, Pentas Seni Budaya ( liburan dan lebaran ). Fasilitas Terminal. Tempat Parkir, MCK, Penginapan, Rumah Makan, SAR, Jaringan Listrik, Mushola dan Sarana Transportasi.

pantai siungPantai ini terletak di desa Purwodadi Kecamatan Tepus, berjarak + 35 Km dari Wonosari dengan prasarana jalan aspal sampai di tepi pantai. Pantai Siung merupakan cekungan laut yang diapit 2 bukit dengan tebing terjal yang dihiasi relief perbukitan Kars dan memungkinkan sebagai lokasi olahraga panjat tebing. Kerindangan daerah sekitarnya merupakan tempat habitat kera ekor panjang. Dengan hamparan pasir putih serta ombak yang tidak begitu besar, merupakan tempat yang nyaman bagi nelayan untuk mencari ikan laut yang beraneka ragam jenisnya. Pada saat-saat tertentu, para wisatawan juga bisa menikmati sajian kesenian khas daerah yaitu atraksi seni Doger.

Laguna ini membagi kawasan pantai menjadi dua. Pertama, lokasi yang ditumbuhi beberapa tumbuhan pantai dan rerumputan. Dan yang kedua lokasi gundukan pasir yang langsung berbatasan dengan lautan. Air Laguna Glagah berwarna hijau kebiruan berarus tenang. Perahu pun melaju tanpa hambatan berarti. Sesekali terlihat ikan berkejaran di laguna itu. Tak ada 30 menit perahu-perahu kemudian menepi di tanah datar berumput hijau. Di daratan bak permadani itu berdiri beberapa saung sederhana beratap ijuk daun kelapa kering. Suasana hening pun terasa di sana. Tak ada satupun pengunjung yang tampak.Untuk lebih jelasnya .silahkan kunjungi Pantai Glagah Bersolek

pantai kukupPantai yang berpasir putih ini, sekilas menyerupai tanah lot bali. hampir bisa dipastikan setiap hari libur ,terlihat banyak pengunjung duduk duduk di karang melepas ketegangan dengan memandang riak gelombang laut lepas yang di sapu angin, yang kadang tidak beraturan yang membuat riak gelombang menari kekiri kekanan.Situs tips wisata murah berbagi informasi seputar keindahan pantai kukup gunungkidul untuk anda
Untuk lebih jelasnya silahkan kuti artikel Asmara Di Pantai Kukup Gunungkidul

pantai trisikPantau trisik ini posisinya berada kurang lebih 37 KM dari pusar kota jogja. berada di kabupaten Kulon progo, Dan disekitar pantai ini lah yang rencanya akan di pindahkan bandara internasional yogyakarta. Pantai Trisik memiliki kekhasan dibanding pantai-pantai lainnya di Kulon Progo, yaitu suasana pedesaan pesisir yang kental sekali terasa. Disekitar pantai ini juga berdiri gubug-gubug yang menjajakan makanan. Untuk menuju pantai trisik ini sarana jalan sudah dibuat bagus dan sangat berdekaan menuju jalan utama dari arah bantul menuju pusat kota wates sebagai ibukota kulon progo

Merupakan pantai landai yang berpasir putih, sangat nyaman untuk bersantai dan berjalan menyusuri pantai.

pantai sundakPantai ini terkenal dengan panorama alam hijau yang menyatu dengan suasana pantai yang menyegarkan, biasa digunakan sebagai ajang lokasi perkemahan bagi wisata remaja. memang pantai ini tidak sepopuler wisata pantai di jogja lainnya, tapi di hari libur tempat ini juga terlihat banyak di kunjungi oleh remaja dan keluarga yag menghabiskan waktu dimasa libur nasional atau mingguan.sekali waktu boleh tu pantai sundak ini dikunjungi

pantai krakalPantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 kilometer dari kawasan pantai Kukup, sehingga pantai Krakal merupakan mata rantai perjalanan setelah mengunjungi pantai Baron dan pantai Kukup. Jarak pantai Krakal dari Yogyakarta lebih kurang 65 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam. Perjalanan menuju pantai Krakal ini juga melintasi bukit - bukit kapur, diselingi dengan teras - teras batu karang. Hal ini merupakan ciri dari daerah karst yang dikelola penduduk. Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman yang silam, daerah ini merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan yang terjadi pada kerak bumi, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu - batuan karang yang nampak pada waktu itu merupakan bekas rumah binatang karang yanghidup di air laut saat itu. Pantai Krakal merupakan pantai yang paling indah, di antara seluruh hamparan pantai di sepanjang pulau Jawa. Pantai ini akan dibangun menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing, semacam tourist resort Nusa Dua di pulau Bali. Pantai Krakal, bentuk pantainya landai, berpasir putih, terhampar sepanjang lebih dari 5 kilometer. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang terhembus sangat sejuk, ombaknya cukup besar.

parangtritisborder=Sejak zaman dahulu, komplek pantai Parangtritis telah terkenal, tidak saja sebagai kawasan rekreasi pantai, tetapi juga terkenal sebagai tempat yang memiliki banyak peninggalan sejarah, khususnya yang berkaitan dengan legenda Ratu Kidul atau Ratu Laut Selatan. Kompleks Parangtritis terletak 27 kilometer dari Yogyakarta lewat Kretek. Untuk mencapai kawasan ini, para pengunjung dapat menempuh salah satu dari dua jalur jalan:

Jalur jalan pertama :

Dari terminal Umbulharjo melalui Pojok Beteng wetan (tenggara) Kraton Yogyakarta lurus ke selatan sampai ke Obyek Wisata Kompleks Pantai Parangtritis.

Jalur jalan kedua :

Dari terminal Umbulharjo melalui daerah Imogiri (makam Raja - Raja Mataram) dan desa Siluk dengan jalan naik turun sambil menikmati pemandangan yang indah, hingga sampai ke Kompleks Obyek Wisata Pantai Parangtritis.

Jalur kedua ini berjarak ± 10 km lebih jauh dibandingkan dengan jalur pertama menggunakan Bus Umum dengan trayek tetap

* Parang Wedang :

Suatu sumber mata air panas bermineral yang tidak pernah kering sepanjang tahun, yang sering digunakan pula untuk menyembuhkan penyakit kulit.

parangkusumoTempat ini dianggap sebagi tempat yang paling sakral dari seluruh kompleks kawasan Parangtritis, dimana menurut kepercayaan Jawa, merupakan tempat pertemuan antara Raja - raja yang memerintah kerajaan Yogyakarta dengan kanjeng Ratu Kidul. Pertemuan ini terjadi pada sebuah batuan yang merupakan sisa kegiatanvulkanis dimasa silam (post volcanic) yang merupakan suatu batuan intrusi di tengah hamparan pasir pantai, dengan nama watu gilang dan fasilitas yang ada seperti penginapan, Masjid, Rumah, makan dan Toilet.

No comments:

Post a Comment