Wednesday, April 13, 2011

Gua Safarwadi Pamijahan (wisata religi)

Update..Rute Perjalanan ziarah wali di  jawa barat berikutnya yang di tuju tips wisata murah Group dan rombongan dari Ponpes Nurul Falah sendang sari KP Yogyakarta adalah Makom Waliyulloh Syekh Haji Abdul Muhyi bin sembah lebe Wartakusuma dan yang terlahir dari rahim seorang Ibunda yang bernama R Ajeng Tanganijah


Syekh Haji Abdul Muhyi ini  menurut beberapa sumber  terlahir di mataram dan dibesarkan di gresik jawa timur. semenjak anak anak beliu belajar agama islam di gresik dan diteruskan di sunan ampel,kemudian di usia 19 tahun beliu menuju daerah Kuala di otoritas kerajaan Aceh, menurut beberapa sumber beliu belajar agama Islam disana selama 8 tahun. ya itu dari tahun 1088 - 1096  Hijrah atau 1667 - 1675 Masehi.

Tips Wisata Murah masih mengadakan pendekatan lebih dekat lagi sejarah perjalanan Syekh Abdul Muhyi untuk anda. Di ceritakan sekitar usia beliu menginjak 27 tahun bersama teman teman seperguruan dipesantrennya yang berada di kuala aceh..Beliu di ajak oleh gurunya ( menurut beberapa kalangan guru tersebut bernama Syekh Abdul Ra'uf ) untuk menimba ilmu agama sekaligus ber ziarah ke makom Syekh Abdul Qodir ke Bagdad. tips wisata murah mengadakan penelusuran kembali, Setelah selesai berziarah dari makom Syekh Abdul Qodir  rombongan tersebut di berarangkatkan ke makkah almukarramah untuk menunaikan ibadah haji.

Di Makkah Almukarramah ini lah guru beliu Syekh Abdul Ra'uf mendapat pertanda,kalau salah satu muridnya akan menjadi Wali dengan ditunjukkan ciri ciri dan tanda tanda kelebihannya. Tentu saja kabar ini dirahasiakan ,disimpan sendiri. Dan kelak bila tanda tanda tersebut sudah bisa dibaca, syekh Abdul Ra'uf di utus memerintah murid tersebut yang tak lain adalah  Syekh Haji Abdul Muhyi untuk segera pulang ke Indonesia dan mencari gua yang ada di pulau jawa bagian barat untuk menetap tinggal disana...Syekh Haji Abdul Muhyi Dari Mekkah pulang menuju kampung dimana Ibunda dan ayahandanya beliu tinggal.  Dan setibanya di gresik beliu memberi tahukan kabar tersebut kepada orang tuanya..Singkat cerita Syekh Abdul Muhyi berangkat mencari Gua seperti petunjuk gurunya waktu di makkah tersebut..tips wisata murah terus membuntuti kisah tersebut, dan gua yang dimaksut dalam petunjuk tersebut adalah GUA SAFARWADI Pamijahan yang berada di Bantarkalong Tasikmalaya Jawa Barat


GUA SAFARWADI PAMIJAHAN
Lokasi Gua yang mempunyai panjang 300 sampai 400 meter tersebut terletak tidak jauh dari makon Syekh Abdul Muhyi berada..Untuk memasuki wilayah makom tersebut anda bisa jalan kaki atau naik ojek. Setelah dari makom anda bisa melanjutkan berwisata ke Gua safarwadi tersebut. yang lokasinya setelah turun dari makom melalui jembatan masjid ada pertigaan anda belok kearah kanan. dan ikuti terus jalan tersebut, anda akan dibawa ke Gua yang dimaksut. yang beberapa kalangan menyakini kalau Gua Safarwadi adalah Gua tempat pertemuan/ rapat para wali sembilanatau lebih dikenal dengan sebutan WALI SONGO

Oh ya..Memasuki area makom syekh abdul muhyi tersebut, dari jarak radius beberapa kilo dari makom ada larangan merokok.
Untuk kasus larangan merokok ini tips wisata murah mendapat selentingan berita. waktu beliu masih hidup dulu termasuk perokok berat, Suatu ketika beliu terkena penyakit yang kalau mencium bau asap rokok menjadi semacam alergi. Semenjak kasus tersebut, semua anak anaknya dilarang merokok. Dan untuk menghormati larangan tersebut. masyarakat sampai sekarang membuat  zona bebas rokok . Menurut penduduk setempat zona bebas rokok itu untuk menghormati jasa beliu pada masyarakat. Dan sekarang zona bebas rokok tersebut malah diperluas oleh masyarakat setempat hingga beberapa kilo meter dari area makom

Tips Ke Gua Pamijahan
Untuk menghadapi tukang foto yang berkeliaran di area Gua legendaris tersebut.  Tips Wisata Murah ada sedikit tips menghadapinya.. saat masuk terowongan pertama, kalau anda disuruh nengok kearah suara panggilan, jangan sekali kali menenggok. Karena kalau anda menengok nanti akan disuruh  membayar foto senilai Rp 10,000..yang mana foto tersebut tidak pernah anda minta. alias tanpa nego...

Dalam Investigasi catatan perjalanan ziarah Tips Wisata Murah ke makom Syekh Abdul Muhyi dan GUA SAFARWADI Pamijahan ini, kalau anda melihat ada kekurangan, mohon ditambahkan.. terimakasih dan jazakalloh khoiron jaza

No comments:

Post a Comment