Monday, December 5, 2011

Makanan Khas Jogja / Yogyakarta

Liburan sekolah bulan ini, rencana ada keponakan ane yang dari tangerang mau datang dengan teman teman sekolahnya ke jogja, Biasa namanya juga anak anak kali udah pada ga sabar kali ya .Rupanya anak anak ini sudah pinter menata anggaran dan rencana. Dan salah satu target prioritas anggaran uang sakunya adalah oleh oleh makanan khas jogja. Nah tadi pagi keponaka itu telepon dan bertanya " Pak dhe,makanan khas jogja itu gudeg doang kan..?" ane jadi ketawa ngakak. hehe " bukanlah tong. kalau gudeg doang nanti orang jogja pada budeg dunk" hehehe

Dari dialog diatas ane (situs tips wisata murah) menjelaskan panjang lebar tentang tempat hiburan dan jajanan murah tapi enak dimana yang wajib dikunjungi. Dan barang kali ini juga bermanfaat untuk para pembaca dan sahabat. berikut kami sajikan berita bergambar makanan khas yogyakarta yang dirangkum dari beberapa sumber (twm)

kripik-belutKripik Belut
Makanan ringian kripik belut yang digoreng kering atau dilapisi tepung merupakan makanan yang kaya protein, rasanya kalau dimakan renyah,gurih manteb pokokke itu kesukaanku. Dan makanan ini banyak ditemukan di pasar godean. bisa untuk cemilan untuk lauk makan juga mak nyus (twm)

kripik-paru
Kripik Paru
Kripik yang di buat dari paru paru sapi yang di goreng sampai kering ini merupakan makanan ringan. . Makanan ini dengan mudah diperoleh di pasar tradisional, toko oleh-oleh yang terdapat di Yogyakarta maupun di supermarket yang tersebar diselluruh pelosok jogja (twm)

ampyang
Ampyang
Dicetak dalam bentuk bundar kecil dengan bahan baku kacang dan gula merah. Makanan ringan Ampyang ini dengan mudah diperoleh di obyek wisata Kaliurang, seperti halnya jadah tempe atau di kios-kios pusat oleh-oleh yang berada di jalan Mataram dan kawasan Pathuk, Yogyakarta.(katalogkota)

bakpia-pathuk
Bakpia Pathuk
Bagi yang mencari jajanan ringan berupa makanan khas Yogyakarta untuk oleh-oleh, dapat dengan mudah mendapatkannya di sepanjang jalan Pathuk. Di sepanjang jalan ini akan ditemui penjual berbagai makanan khas, terutama Bakpia yang terkenal dengan sebutan Bakpia Pathuk.(katalogkota)

abon-sapi
Dendeng Sapi dan Abon Sapi
Dendeng dan Abon sapi, makanan yang termasuk jenis lauk ini bisa didapatkan di beberapa warung snack di Wijilan, jalan Mataram, Kidul pasar Kotagede dan sebagainya. Dendeng sebagai salah satu makanan khas Yogyakarta terkenal nikmat dan gurih, tetapi harganya cukup mahal karena bahan dan proses produksinya yang cukup rumit.(katalogkota)

enteng-gepuk
Enting Enting Gepuk
Enting Enting Gepuk adalah makanan khas Yogyakarta. Terbuat dari kacang tanah, gula pasir dan penyedap rasa. Rasanya manis, gurih dan renyah. Selain tahan lama, makanan ini kemasannya juga unik. Hanya dibungkus kertas, tetapi tetap higienis dan awet karena di dalamnya dilapisi plastik tebal. Makanan ini mudah didapatkan di kios-kios makanan kecil yang banyak terdapat di sepanjang jalan Mataram.(katalogkota)

gudeg
Gudeg
Gudeg adalah makanan khas Jogja / Yogyakarta yang terdiri dari nangka muda, lauk tahu, tempe, telur dan suwiran daging ayam, dimasak dengan bumbu dan santan kelapa, dilengkapi dengan sambal goreng krecek (kulit sapi) .(katalogkota)

geplak-bantul
Geplak Bantul
Geplak adalah makanan khas Yogyakarta (Bantul). Makanan khas Yogyakarta yang satu ini rasanya sangat manis, terbuat dari gula dan kelapa berwarna merah, putih, hijau, kuning dan coklat. Geplak mudah diperoleh di pusat oleh-oleh seperti di Jl. Mataram, pasar Beringharjo dan pasar Kranggan, Yogyakarta .(katalogkota)

jadah-tempe
Jadah Tempe
Jadah Tempe banyak terdapat di obyek wisata Kaliurang. Terbuat dari ketan yang dikukus dengan diberi santan kelapa, sebagai rangkaiannya adalah tempe bacem. Rasa jadah sangat gurih dan liat (tidak keras). Disantap dengan tempe bacem dan lombok ijo, merupakan paduan yang sangat pas di lidah .(katalogkota)

Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas jogja yang unik unik dan enak, tapi ane pikir ini sudah bisa mewakili dari semua. Nanti kalau datang ke jogja di ubeg aja semua. hehehe.selamat liburan (twm) To: azumar

No comments:

Post a Comment